Pengalaman Mengatasi Lubang Wastafel Mampet (GAGAL)

Sepanjang 2 hari ini saya sedang disibukkan dengan kegiatan bersih-bersih rumah. Maklum, besok tanggal 30 September 2023 saya mau ajak anak dan istri saya pulang ke rumah. Saya ingin rumah menjadi bersih agar anak istri betah tinggal dirumah Kebumen meskipun hanyalah rumah tua.


Kurang lebih semenjak 1 tahun yang lalu anak istri saya kembali ke rumah mertua saya di Banjarnegara karena waktu itu anak saya belum betah tinggal di rumah Kebumen. Pada bulan Januari bapak mertua saya meninggal dunia, jadi anak dan istri saya masih dirumah Banjarnegara untuk menemani ibu mertua. Sekarang sudah waktunya saya jemput untuk tinggal dirumah Kebumen bersama saya. 


Pekerjaan bersih-bersih rumah kali ini cukup menguras tenaga karena banyak yang harus saya kerjakan, mulai dari mencuci baju, membersihkan langit-langit rumah, mencuci perabotan, dan masih banyak lagi. Namun ada sedikit masalah ketika air wastafel di dapur ternyata tidak mengalir dengan lancar. Apabila sedang dipakai, air akan kembali naik ke atas dan menyembur keluar membasahi lantai dapur.


Watafel Mampet
Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi


Hal yang sudah saya lakukan hari ini yaitu memasukkan sebatang bambu kecil berharap kotoran yang ada di dalam saluran Wastafel tidak kembali menyumbat, tetapi hasilnya nihil.


Kemudian saya buka YouTube barangkali ada solusi untuk mengatasi wastafel mampet. Ada beberapa tutorial yang saya ikuti. Mulai dari botol yang dibungkus plastik lalu ditekan ke arah lubang wastafel, sampai memasukkan slang air dan meniup slang tapi wastafel masih tetap mampet.


Selanjutnya ada tutorial mengatasi wastafel yang tersumbat dengan menggunakan baking powder atau pengembangan kue dan cuma dapur. Segera saya bergegas ke toko untuk membeli baking powder dan cuka dapur. Total saya bayar Rp. 9.900,- untuk membeli kedua bahan tersebut.


Cuka Dapur
Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi


Baking Powder
Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi

Segera saya aplikasikan sesuai dengan tutorial divideo. Masukkan baking powder kedalam lubang wastafel lalu siram dengan cuka dapur. Memang ada reaksi ketika kedua bahan tersebut sudah dimasukkan ke dalam lubang. Kemudian saya siram lubang wastafel dengan air panas. Namun hasilnya wastafel masih tetap mampet.


Selanjutnya saya ikuti tutorial menggunakan soda api. Saya beli dulu soda api di toko bangunan dengan harga Rp. 22.000,-.


Soda Api
Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi

Pertama saya masukkan soda api kedalam lubang wastafel lalu saya siram dengan air panas mendidih. Saat kedua bahan tersebut dimasukkan ke dalam lubang seperti mengeluarkan hawa panas akibat reaksi air panas dan soda api. Namun sayang dengan cara tersebut wastafel saya masih tetap mampet.


Hari ini sudah cukup banyak biaya dan tenaga untuk mengatasi wastafel mampet tapi tidak kunjung berhasil. Akhirnya saya hubungi paman saya yang memiliki keahlian pertukangan agar besok diperbaiki. Semoga wastafel segera kembali lancar agar istri jadi semangat mencuci wkwkwk...

Dwi Yulianto

Seorang Ayah yang berjuang untuk keluarga.

3 Komentar

  1. Sudah banyak juga percobaannya tapi gak membawa hasil,sudah keluar biaya juga,eeh...pak tukang juga ya mas ternyata yg di panggil, wkwkk.. seenggaknya sudah gak penasaran lagi dengan usahanya.

    BalasHapus
  2. Sudah berjuang ngebenerin tapi tetap gagal. Emang jurus terakhir manggil tukang mas, hehe semoga lancar saluran wastafelnya mas

    BalasHapus
  3. mama pun tak pandai bab2 ni.. elok terus panggil plumber je senang kan

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama