ECSTAR : Oli Motor Yang Cocok Untuk Suzuki Smash New

Daftar Isi

Baru beberapa bulan ini saya memakai sepeda motor Suzuki Smash New 110cc. Motor ini merupakan peninggalan dari almarhum bapak mertua saya. Awalnya saya bingung menentukan oli motor yang cocok untuk Suzuki Smash New ini. Takutnya saya salah menggunakan oli yang bisa berakibat buruk pada mesin motor.


Sedikit saya bercerita asal tentang asul motor Suzuki Smash ini. Jadi pada tanggal 11 Januari 2023 yang lalu merupakan hari duka bagi keluarga saya, khususnya istri saya. Bapak mertua saya atau bapaknya dari istri saya berpulang ke Alloh SWT. Sejak bapak mertua saya meninggal motor ini jadi kurang terawat dengan baik. Dirumah tidak ada yang mau memakai motor tersebut. Maklum, sekarang tingggal ibu, istri saya, dan adik ipar perempuan, mereka lebih nyaman memakai sepeda motor matic.


Ibu mertua dan istri saya sempat berfikir untuk menjual motor tersebut. Namun saya memberikan pendapat jika sebaiknya motor tersebut dirawat dengan baik karena penuh dengan kenangan almarhum bapak mertua semasa hidup. Dikarenakan tidak ada yang bisa merawat dengan baik motor tersebut, akhirnya Ibu mertua menyuruh saya untuk merawat motor Suzuki Smash New peninggalan bapak. Saya memang type orang yang sangat menghargai sebuah kenangan. Dalam hati saya berjanji untuk merawat motor ini baik-baik.


Kesan pertama saya memakai motor ini sangat nyaman sekali untuk dikendarai. Berbeda sekali dengan motor Yamaha Vega yang saya miliki. Yah maklum motor Yamaha Vega saya usianya lebih tua dari motor Suzuki Smash peninggalan bapak mertua.


Setelah beberapa bulan saya pakai untuk berangkat kerja, akhirnya saya putuskan untuk mengganti oli motor Suzuki Smash New tersebut agar kesehatan mesin tetap prima. Oli motor sangat penting untuk mesin karena berfungsi sebagai pelumas dan mengurai panas saat mesin bekerja. Jika terlalu lama tidak mengganti oli motor saya khawatir oli motor menjadi kering, mesin tidak terlumasi dengan baik yang bisa mengakibatkan motor ngejim atau mogok karena kondisi mesin yang rusak.


Saya mengganti oli motor di bengkel yang letaknya tidak jauh dari rumah. Bengkel tersebut menyediakan berbagai merk dan type oli untuk sepeda motor. Karena saya baru pertama kali memegang Suzuki Smash New jadi saya tidak paham oli yang cocok untuk motor tersebut. Agar tidak salah beli saya langsung menanyakan kepada oli motor yang cocok untuk Suzuki Smash New kepada tukang bengkel.


Oli Motor Yang Cocok Untuk Suzuki Smash New
Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi


Tukang bengkel menyarankan kepada saya untuk mengganti oli motor Suzuki Smash New menggunakan oli standarnya saja yaitu Oli Ecstar. Sumpah saya baru tahu merk oli tersebut wkwkw.. Maklum selama ini saya tidak pernah memelihara kuda besi dari Suzuki. Atas saran dari tukang bengkel akhirnya saya setuju untuk mengganti oli dengan merk Ecstar.


Singkat cerita setelah beberapa hari pasca mengganti oli dengan merk Ecstar, mesin motor menjadi lebih halus. Yah namanya juga baru ganti oli hehe.. Tapi lumayan bagus lho oli Ecstar ini. Selain suara mesin menjadi lebih halus, mesin juga tidak gampang panas dan performa motor tetap stabil. Harga oli Ecstar juga menurut saya sangat terjangkau, 45rb sudah termasuk jasa ganti oli.


Nah, buat anda yang saat ini juga pelihara motor Suzuki lawas seperti saya juga bisa banget menggunakan oli Ecstar, oli yang cocok untuk Suzuki Smash New. Sebaiknya oli motor harus rutin diganti setiap motor telah dipakai sejauh 2000 km agar mesin tetap terawat dengan baik. Merawat sepeda motor khususnya motor jenis bebek sebenarnya sangat mudah sekali yang penting harus rutin ganti oli. 


Dwi Yulianto
Dwi Yulianto Seorang Ayah yang berjuang untuk keluarga.

3 komentar

Comment Author Avatar
24 September 2023 pukul 10.32 Hapus
Motornya penuh kenangan ya mas...saya ga ngerti tentang mesin dan per oli-an..biasanya suami atau anak yg rutin heheh..nama oli nya aja saya baru denger ..agak susah di eja wkkwk, yg penting motor bisa di pakai dan di rawat ya.
Comment Author Avatar
24 September 2023 pukul 21.08 Hapus
saya biasanya oli rekomendasi pabrik biasa di bengkel, enggak pernah ganti merk sih
btw saya kalau suzuki blm pernah punya sih motornya...
Comment Author Avatar
25 September 2023 pukul 18.49 Hapus
Waah ini motor kenangan ya mas, saya suka motor model lama apalagi yang 2 tak, sayangnya motor saya matic semua yang CC nya besar. Perawatannya lebih ribet. Tapi namanya motor itu sama dengan tubuh manusia, harus dirawat secara rutin supaya nyaman dikendarai, termasuk oli ya.