Efek Pasang Kopling Manual Pada Motor Bebek

Bagi anda yang ingin memasang kopling manual sebaiknya cari tahu terlebih dahulu efek pasang kopling manual pada motor bebek. Saya mempunyai pengalaman buruk ketika saya memutuskan untuk memasang kopling manual pada motor bebek. Anda sebaiknya baca pengalaman saya ini agar anda tidak mengalami apa yang telah saya alami.


Berawal dari keinginan untuk mempunyai motor dengan hasil keringat sendiri, ketika itu saya putuskan untuk membeli motor second. Dikarenakan uang yang saya miliki ketika itu tidak banyak maka saya hanya bisa membeli motor bebek bekas. Alhamdulillah, akhirnya saya bisa membeli motor Yamaha Vega tahun 2002 dengan uang hasil keringat sendiri.


Alasan saya memilih untuk beli motor Yamaha Vega karena motor tersebut sangat unik dan langka menurut saya. Motor Yamaha Vega yang saya beli adalah Yamaha Vega (tanpa huruf R) generasi pertama. Warnanya full perak atau silver. Motor ini sangat jarang dijumpai saat berkendara di jalan. Jadi suatu kebanggaan bagi saya bisa naik motor langka. Serasa menjadi pusat perhatian ketika di jalan. Apalagi ketika sedang berhenti di lampu merah.


Saya memang tertarik dengan dunia otomotif khususnya sepeda motor lawas. Selain itu saya juga sangat menyukai modifikasi sepeda motor. Yamaha Vega yang saya miliki masih sangat ori standar pabrik. Secara visual memang masih sangat enak untuk dipandang. Namun motor ini tidak memiliki akselarasi dan tenaga yang besar seperti pada motor zaman sekarang ini. Maklum namanya juga motor tua.


Untuk menambah akselarasi motor akhirnya saya memutuskan untuk memasang kopling manual. Sebenarnya ada alasan khusus mengapa saya memasang kopling manual pada motor bebek ini. Saya sering menggunakan motor ini untuk perjalanan melalui medan pegunungan. Jadi untuk menambah akselerasi motor agar enak dikendarai di jalan yang menanjak akhirnya saya pasang kopling manual.


Efek Pasang Kopling Manual Pada Motor Bebek
Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi

Efek Pasang Kopling Manual Pada Motor Bebek
Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi

Untuk memodifikasi sepeda motor bebek dengan memasang kopling manual ada beberapa part yang harus beli seperti bak kopling dan perlengkapannya. Sparepart tersebut banyak tersedia di marketplace dengan harga yang bervariasi. Pemasangan kopling manual bisa dilakukan sendiri jika mempunyai keahlian. Karena saya tidak ahli maka saya bawa motor saya ke bengkel terdekat untuk dilakukan pemasangan kopling manual pada motor bebek.


Efek Pemasangan Kopling Manual Pada Motor Bebek

Memang akselerasi motor bertambah setelah memasang kopling manual pada motor bebek. Namun ada beberapa efek yang muncul setelah beberapa hari pemasangan kopling manual.


1. Suara Mesin Kasar

Efek pertama yang saya rasakan suara motor menjadi sedikit lebih kasar setelah memasang kopling manual. Kata orang-orang sih ini wajar terjadi pada motor bebek non kopling yang diubah menjadi motor kopling.


2. Resiko Ngejim

Ngejim adalah kondisi dimana piston macet, biasanya karena kekuarangan oli sebagai pelumas. Motor akan macet atau tidak bisa hidup. Kondisi ini sangat ditakuti oleh para pengguna motor 2 tak. Namun motor 4 tak pun bisa ngejim jika mesin kekurangan oli.


Ini yang paling parah terjadi pada motor saya. Suatu hari motor saya mengeluarkan suara yang lebih kasar, mirip seperti suara mesin jahit. Ketika motor saya kendarai tiba-tiba motor mengalami macet. Saya coba untuk hidupkan kembali menggunakan slah namun juga tidak bisa hidup lagi. Akhirnya saya bawa motor ke bengkel.


Setelah dilakukan pengecekan ternyata piston dan lubang boring mengalami baret yang cukup parah. Menurut tukang bengkel ini yang menyebabkan motor macet dijalan. Hal tersebut terjadi karena tidak ada oli yang melumasi bagian piston dan lubang boring.


Bagian bak kopling dibuka kembali oleh tukang bengkel. Ternyata penyebab tidak adanya oli yang melumasi bagian piston dikarenakan karet sil tidak terpasang dengan baik. Karet sil berfungsi untuk menahan oli yang dipompa menuju ke head silinder. Jika karet sil tidak terpasang dengan baik oli tidak bisa menuju ke head silinder dan akan berbalik kembali menuju bak kopling. Akibatnya mesin menjadi tidak terlumasi dengan baik, menjadi panas dan berujung ngejim alias macet.


Kemungkinan tukang bengkel yang memasang bak kopling waktu itu tidak memasang sil dengan baik. Gara-gara hal tersebut saya harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli sparepart piston baru, korter bagian boring, dan biaya perbaikan di bengkel.


3. Motor Susah Dijual Lagi

Saat ini saya kesulitan untuk menjual motor bebek yang sudah saya pasang kopling ini. Hampir setiap calon pembeli akan mundur ketika mengetahui motor bebek saya telah dipasang kopling. Mungkin mereka tahu jika motor bebek yang telah dipasang kopling manual kualitas suara mesin lebih kasar dibandingkan motor bebek standar pabrik.


Meskipun kopling manual pada motor bebek bisa dicopot dan diganti dengan bak mesin ori standar pabrik, namun menurut beberapa orang suara mesin masih tetap sedikit lebih kasar.


Jadi itulah pengalaman saya memasang kopling manual pada motor bebek. Meskipun ada keuntungan memasang kopling manual seperti terlihat lebih sporty dan menambah akselerasi, namun sebaiknya anda perlu pertimbangkan kembali efek pasang kopling manual pada motor bebek seperti yang telah saya sampaikan.

Dwi Yulianto

Seorang Ayah yang berjuang untuk keluarga.

20 Komentar

  1. Salam dari Turki. Itu adalah artikel yang bagus.😊

    BalasHapus
  2. jadi inget belajar motor kopling naek motor gl

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mantap mas, motor gl udah di goreng juga sekarang. Harganya jadi mahal.

      Hapus
    2. tapi peminatnya juga masih banyak

      Hapus
  3. Setiap produk punya standar tersendiri. Akan ada risiko kalau pernak perniknya ditempel belakangan.

    BalasHapus
  4. motor vega jenis ini menurutku legend banget. Bentuk motornya bagus. aku melewati masa motor dipasang kopling secara mandiri. Rasanya bakal beda dengan kondisi sebelumnya. Pemasangan kopling secara manual tetap bakal bawa dampak buruk ke motor sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, motor langka, jarang banget ketemu dijalanan. Sayangnya udah aku ubah kopling, jadi nyesel deh.

      Hapus
  5. resikonya banyak juga ya
    wah sedikit aneh juga jika motor bebek ini dimodifikasi dengan tambahan kopling manual
    emang dulu sempat tren sih dengan modifikasi ini, walau akhirnya harus menyesal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, mendingan jangan di apa-apain. Bawaan pabrik aja udah nyaman.

      Hapus
    2. Iya, saya juga lebih senang dengan bawaan pabri saja.
      ayo kapan kopdar nih

      Hapus
  6. BTW, knp bs diberi nama motor Bebek ya? apa gak marah bebeknya, haha... hobi ngoprek juga ya mas... ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin emang karena bentuknya feminim, mirip bebek hehe ... hobi ngoprek motor tapi dana minim, jadi modif seadanya aja asal nyaman dipakai dan enak dipandang.

      Hapus
  7. Kalau mau laju harusnya bukan dikasi kopling mas tapi di tambahi turbo, pakai tabung gas simpan dibelakang, haha..

    BalasHapus
  8. Soal motor pemotoran bener2 blank, dan gak kepikiran juga buat pasang kopling manual, yang penting jalan aja hahah, tapi makasih nambah ilmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, lebih baik standar pabrik aja. Yang penting oli jangan lupa ganti setiap 2000 kilometer dan lakukan service berkala. Motor udah enak dibawa jalan.

      Hapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama