Pengalaman Saya Mendapatkan Surat PIN Google AdSense

Daftar Isi

Setelah menunggu hampir 2 bulan akhirnya surat PIN Google AdSense datang juga. Untuk itu saya membuat artikel ini sekedar berbagi pengalaman kepada para blogger pemula. Bagaimana tidak, menulis pengalaman mendapatkan surat PIN Google AdSense seperti ini merupakan cita-cita kebanyakan blogger saat ini.


Pengalaman Mendapatkan Surat PIN Google AdSense

Sebenarnya ini bukan pengalaman pertama bagi saya. Di tahun 2017 saya sudah pernah menerima surat semacam ini karena pada saat itu blog pribadi saya diterima menjadi publisher Google AdSense. Namun akhirnya pada awal tahun 2022 blog dan akun Google AdSense terpakasa saya jual untuk kebutuhan rumah tangga kala itu.


Apa itu surat PIN Google AdSense?

Untuk orang yang sudah lama berkecimpung di dunia blog pasti paham fungsi surat tersebut. Namun bagi blogger pemula yang memang benar-benar baru membuat blog atau baru diterima sebagai publisher Google AdSense mungkin ada yang belum mengetahui fungsi surat pin Google AdSense.

Jadi sekarang ini Google melakukan verifikasi kepada para pengelola blog yang diterima menjadi publisher Google AdSense melalui 2 tahap yaitu verifikasi KTP dan verifikasi alamat. Verifikasi KTP yaitu Google meminta para publisher Google AdSense untuk mengirim foto KTP. Sedangkan verifikasi alamat yaitu Google akan mengirimkan surat ke alamat publisher Google AdSense. Google ingin memastikan bahwa pengelola blog dan alamat benar-benar ada.


Bagaimana saya mendapatkan surat PIN Google AdSense?

Baik, kembali ke cerita saya ya.

Setelah saya menjual blog dan akun Google AdSense, akhirnya saya putuskan untuk istirahat dari aktivitas ngeblog. Memang pada saat itu saya cukup kesulitan untuk mengelola blog karena padatnya aktivitas pekerjaan di kantor.

Singkat cerita, pada bulan Oktober tahun 2022 akhirnya saya kembali memulai aktivitasi ngeblog. Bermodalkan expired domain yang sudah saya beli satu tahun sebelumnya akhirnya saya membuat blog kembali. Tujuan saya membuat blog kembali saat itu memang hanya satu, yaitu bisa diterima kembali menjadi penayang iklan Google AdSense.

Setelah beberapa kali mengalami penolakan dengan alasan Low Value Content, akhirnya saya diterima menjadi penayang iklan Google AdSense pada pertengahan bulan Mei 2022.


Pengalaman Mendapatkan Surat PIN Google AdSense

Tidak butuh waktu yang lama, pada bulan Juni 2022 Google mengirimkan surat PIN ke alamat rumah saya. Perlu sobat blogger semua ketahui bahwa Google akan mengirimkan surat PIN Google AdSense saat saldo pada akun Google AdSense sudah mencapai 10% dari ambang pembayaran. Ambang pembayaran Google AdSense yaitu Rp.1.300.000,-, jadi 10% nya yaitu Rp.130.000,-.


Menurut informasi pada halaman dasborad akun Google AdSense surat PIN akan diterima paling lambat 2 minggu setelah pertama kali surat dikirim. Namun seringkali surat PIN Google AdSense tidak kunjung diterima. Seperti surat PIN saya yang sudah saya tunggu hampir 2 bulan lamanya.


Karena saya belum menerima surat PIN akhirnya saya meminta Google untuk mengirimkan surat PIN kembali. Saya kembali diminta untuk menunggu 2 minggu. Begitu seterusnya, sampai 3 kali saya minta Google untuk mengirim surat PIN kembali.


Akhirnya pada tanggal 22 Agustus 2022 saya mendapatkan kabar baik setelah Pak Bayan selaku perangkat desa meminta saya untuk mengambil surat di Kantor POS. Tanpa menunggu lama, saya langsung menuju Kantor POS dan menanyakan tentang surat dari Google kepada petugas POS. Benar juga, alhamdulilah surat PIN Google AdSense sudah saya terima.


Saya harus bersabar dan menunggu surat tersebut datang karena memang surat tersebut tidak bisa dilacak menggunakan nomor resi seperti surat pada umumnya.


Pada saat artikel ini ditulis saya masih belum membuka surat PIN Google AdSense tersebut. Jadi masih wangi Google hehe.. Saya nanti akan membuka surat itu dan memasukkan nomor PIN ke akun Google AdSense yang saya miliki. Nanti saya akan ceritakan kembali pengalaman memasukkan nomor PIN Google AdSense pada artikel berikutnya.


Itulah pengalaman saya menerima surat PIN Google AdSense. Semoga bisa menambah pengetahuan anda dan lebih memotivasi anda untuk terus semangat agar diterima menjadi publisher Google AdSense. Semangat ya!

Dwi Yulianto
Dwi Yulianto Seorang Ayah yang berjuang untuk keluarga.

4 komentar

Comment Author Avatar
9 September 2023 pukul 14.48 Hapus
untuk jadi publisher google sepertinya cita-cita banyak orang, termasuk saya, sudah ngeblog bertaun-taun tapi gapernah keterima, entah masalahnya apa :D
Comment Author Avatar
9 September 2023 pukul 16.53 Hapus
Saya lihat blog mas Hanif sudah cukup banyak artikel kok.

Biasanya ada alasan gak diterima mas, misalnya Low Value Content.

Coba didaftarkan lagi saja mas, semoga segera diterima.
Comment Author Avatar
26 September 2023 pukul 04.01 Hapus
Wih sekarang logo di surat PIN google adsensenya udah berubah yaaa, semenjak nambahin blog kedalam 1 akun adsense jadi jarang nerima pin adsense lagi hha..
Comment Author Avatar
30 November 2023 pukul 09.18 Hapus
Saya setuju cika ta untuk mendapatkan pin Google adsense impian para blogger termasuk saya. Sayangnya satu tahun belakangan ketika saya mencoba untuk menekuni blogger dengan merubah domain saya yang sudah memiliki adsense dari blogspot ke Domain pribadi. Adsense tersebut menghilang dan ketika saya daftarkan kembali, mungkin lebih dari 10 kali ditolak terus. Hehe
Mungkin ada saran mas.. hampir frustasi rasanya, hingga akhirnya domain berbyar saya cut (kebetulan saat itu vendor juga tidak beres dalam pelanyanannya) dan kembali ke blogspot lagi.